Macam Macam Terong

Macam Macam Terong

Terong (terung) sebagai tanaman sayur yang konon datang dari India dan Sri Lanka bernama ilmiah Solanum melongena. Tanaman ini masih satu famili dekat sama leunca (Ranti) dan kentang, tetapi cukup jauh dengan tomat. Jumlahnya olahan makanan yang bisa dibikin dari sayur ini membuat terong makin terkenal. Karena sangat terkenalnya, beberapa dari olahan itu memakai tipe terong yang lain.


Pengakuan di atas menerangkan jika terong mempunyai bermacam tipe seperti tanaman lain secara umum. Salah satunya bahkan juga benar-benar terkenal di kelompok masyarakat, seperti leunca yang terkenal sebagai lahapan atau sambal.


Beragam tipe terong yang berada di Indonesia bisa kamu kenali sesudah membaca sedikit pembahasan seperti berikut.

Tipe-Jenis Terong di Indonesia

Terong Ungu

Sama dengan namanya, terong yang ini mempunyai warna ungu muda atau ungu tua dengan kulit yang condong tipis mengkilat dan memiliki bentuk bundar memanjang. Tipe ini sebagai salah satunya yang terpopuler di Indonesia dan gampang didapat. Bila terong ungu diolah, berwarna akan beralih menjadi coklat gelap di bagian luar dan coklat muda di bagian dalam.


Terong ungu mempunyai rasa yang halus dan menetes di mulut setelah diolah. Karena itu, banyak jadi kombinasi sayur asem, terong crispy, terong panggang, terong geprek, dan terong balado.

Terong Hijau

Tipe yang ini dapat disebut nyaris serupa dengan terong ungu karena mempunyai wujud dan struktur yang serupa. Namun mempunyai ketidaksamaan pada berwarna yang hijau dan rasanya yang cukup pahit. Banyak olahan terong hijau seperti sayur lodeh, pecel terong, terong goreng, dan terong balado seperti terong ungu.

Terong Putih

Bila disaksikan secara fisik tipe ini tidak jauh dengan terong ungu atau terong hijau, namun berlainan pada warna kulitnya yang putih. Tipe ini mempunyai struktur daging yang empuk, halus, dan rasa buah yang lebih manis. Karena itu terong putih ini lebih banyak dibuat jadi manisan. Selainnya rasanya manis, kandungan gizinya hampir serupa dengan terong ungu hingga bisa diproses seperti terong ungu.

Leunca (Ranti)

Nama leunca tentunya tidak asing kedengar untuk warga Indonesia. Perlu kamu kenali, menurut Wikipedia leunca terhitung di dalam tipe terong yang pertama kali datang dari Asia Barat. Buah ranti atau leunca ini mempunyai wujud yang kecil dengan buah warna hijau tua saat mentah, dan keunguan apabila sudah masak/masak.

Leunca mempunyai rasa yang cukup pahit dengan struktur buah yang termasuk gurih. Meskipun rasanya pahit, beberapa orang yang menyenangi olahan leunca sama dalam hidangan oseng oncom, lahapan, dan seringkali mengkonsumsinya langsung.

Terong Belanda

Tipe yang ini diberi nama terong Belanda karena pertama kali dibawa dan diperbudidayakan semenjak tahun 1941 oleh orang Belanda. Karena factor orang Belanda itu pemberian nama kata "Belanda" pada tipe terong ini terbentuk. Tetapi bukti menariknya buah ini bukanlah datang dari Belanda, tetapi datang dari Amerika Latin, persisnya pada wilayah Amazon.

Kamu dapat mengenal buah terong belanda dari memiliki bentuk yang seperti telur, mempunyai kulit tipis mengkilat, warna kemerah-merahan, merah jingga, dan kekuning-kuningan. Daging buahnya sendiri mempunyai sari buah yang banyak, rasanya cukup asam manis, dan mempunyai warna kehitaman sampai kekuningan.

Buah terong Belanda banyak dibuat jadi minuman, juice, sirup, bumbu masakan, asinan, dan dikonsumsi langsung sebagai buah fresh bisa juga sekali. Selainnya beri kesegaran, buah ini mempunyai kandungan vitamin A yang berguna untuk kesehatan mata, vitamin C yang berguna untuk menangani panas dalam, sariawan, sampai tingkatkan kekebalan badan.

Terong Bundar

Tipe yang ini dapat disebut berlainan dari tipe yang lain, karena mempunyai keunikan berupa bundar prima dengan warna hijau keputihan. Walau begitu, ada pula yang memiliki warna selainnya hijau keputihan, yaitu warna ungu seperti terong ungu.

Biasanya warga Indonesia mengenali terong bundar karena sering dipakai sebagai lahapan, karena dari sisi rasanya yang gurih dan condong cukup manis saat digigit. Selainnya dikonsumsi mentah sebagai lahapan, terong bundar bisa juga dibuat jadi masakan yang tidak kalah nikmat dengan tipe yang lain.

Terong Takokak

jika tanaman takokak sebagai suku terong-terongan yang dapat diproses sebagai bumbu masakan, sayur, sampai lahapan. Seperti leunca, buah takokak berupa bundar kecil hingga banyak yang mengatakan terong pipit. Tipe ini mempunyai rasa yang pahit, hingga pahitnya takokak untuk yang telah terlatih memang berasa nikmat. Berlainan sama yang baru pernah coba? Tentu rasanya cukup bagaimana getho.

Bagaimana artikel berkenaan tipe terong yang terkenal di Indonesia itu? Tentunya bisa menambahkan pengetahuan donk. Mudah-mudahan dapat menolong kamu membandingkan mana terong ungu dan mana terong hijau bila ke pasar.
© shelbyies. All rights reserved. Distributed by Pixabin