Macam Macam Pisang

Macam Macam Pisang


Buah Pisang

Buah pisang sebagai buah yang gampang kita temui di beberapa tempat. Apa lagi di perdesaan, Anda pasti mendapati pohon buah ini disekitaran beberapa rumah masyarakat. Buah dengan warna kuning ini banyak memiliki faedah untuk badan.


Mengapa begitu? Karena dia dipercayai mempunyai kandungan Karbohidrat, Vitamin B6, Vitamin C dan Potassium.

Pemahaman Pisang

Pisang sebagai nama umum yang diberi dalam tumbuhan terna raksasa dengan daun yang besar memanjang dari suku Musaceae.

Tumbuhan terna ialah tumbuhan dengan tangkai lunak dan tidak membuat kayu.


Buah yang ini tersusun bertandan dengan barisan yang tersusun menjari. Secara umum buah ini warna kuning saat telah masak. Tapi ada pula yang warna merah, hijau, dan ungu.

Pisang Ialah

Buah ini sebagai buah yang kerap dimakan oleh warga baik di kota atau perdesaan. Buah ini ialah tipe buah barry dengan wujud yang bundar lonjong dan pada biasanya memiliki warna kuning, hijau atau coklat.


Disamping itu daging buahnya empuk dan rasanya manis. Biji buah ini benar-benar lembut jadi aman dikonsumsi, tapi ada pula biji yang besar.

Nama-Nama Pisang

Indonesia sebagai pemroduksi pisang paling besar di Asia Tenggara. Dan rupanya di Indonesia mempunyai berbagai macam tipe.


Tetapi ada banyak tipe sebagai komoditas favorit seperti berikut.

Pisang Ambon

Tipe ambon ini ada dua tipe yakni ambon lumut dan ambon kuning. Disebutkan pisang ambon lumut karena pisang ini warna hijau meskipun telah masak, tapi bila terlampau masak akan warna cukup kekuningan dengan bintik coklat.

Pisang Raja Bulu-bulu

Tipe ini benar-benar populer di Jawa, mempunyai kulit yang tebal dan warna kulit kuning oranye saat masak. Wewangian dari tipe raja bulu-bulu ini wangi.

Pisang Raja Sereh

Tipe ini umumnya dikenali dengan pisang susu. Warna dari buah ini kuning kecoklat-coklatan dengan bercak-bercak hitam. Kulitnya tipis dan mempunyai struktur buah yang halus, rasanya manis dan mempunyai wewangian yang unik.

baca juga : Apa itu Daun Bawang

Pisang Barangan

Buah tipe barangan dikenali dengan panggilan buah pisang medan. Buah ini mempunyai warna kulit kuning sampai kemerahan saat masak dengan daging buah warna putih cukup kekuningan,tidak berbiji, manis, kering dan beraroma.

Pisang Mas

Buah dengan warna kuning, mulus ini umumnya disajikan ketika berada acara pesta atau acara dengan digantung dalam tandan.

baca juga : Apa itu Daun Bawang

Pisang Mas Kirana

Memiliki bentuk sama dengan tipe mas, tapi ukuran semakin besar dan lebih bertahan lama bila dibanding dengan tipe mas yang condong gampang busuk.

Pisang Nangka

Umumnya tipe ini diproses lebih dulu saat sebelum dikonsumsi karena struktur daging buahnya condong kenyal. Walau telah masak kulitnya ini warna hijau.

Pisang Sundul

Tipe sundul sama dengan tipe nangka harus diproses lebih dulu saat sebelum di makan, kulitnya warna kuning dengan bercak-bercak hitam dan panjang buahnya capai 28 cm.

Pisang Kepok

Tipe ini umumnya diproses dengan dimasak atau direbus.

Pisang Cavendish

Kulit buahnya kuning mulus saat masak. Dagingnya halus, padan dan berisi dan rasanya sedikit asam

Pohon Pisang

Pohon PisangSiapa sich yang tidak paham dengan pohon pisang. Pohon dengan tangkai yang lunak dan tidak seperti kayu dan mempunyai daun yang besar memanjang. Pohon buah ini lebih banyak diketemukan di beberapa wilayah di Indonesia. Tingginya dapat capai 3 mtr. dan mempunyai jantung yang disebut bunga dengan warna merah keunguan.

Nama Latin Pisang

Nama latin dari buah ini yakni Musa Paradisiaca. Dengan kategorisasi yakni seperti berikut: Kingdom (Plantae), Ordo (Zingiberales), Kerabat (Musaceae), Genus (Musa), Spesies (Musa Paradisiaca).

Deskripsi Buah Pisang

Buah ini sebagai buah yang populer di kelompok masyarakat. Dia mempunyai nama latin Musa Paradisiaca. Wujud buahnya bundar lonjong dengan rasa yang manis. Secara umum buah ini mempunyai warna kulit dengan warna kuning, tapi ada yang warna hijau, ungu dan merah. Struktur dagingnya halus dan mempunyai biji yang paling lembut didalamnya hingga aman untuk dikonsumsi.

Faedah yang terdapat di dalam buah ini berbagai macam. Kandungan yang ada didalamnya banyak juga seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin D, potassium, fosfor dan ada banyak kembali.

Yang mengandung yang banyak membuat buah ini baik dimakan dan baik untuk kesehatan badan. Beberapa faedah dari buah ini yakni mempertahankan kesehatan jantung, menolong aliran pencernaan, turunkan risiko penyakit kanker, mempertahankan kesehatan mata, meurunkan risiko masalah ginjal dan mempertahankan kesehatan kulit.

Tipe Pisang

Pohon buah ini lebih banyak tumbuh di Indonesia dan mempunyai berbagai macam tipe dengan keunikan masing-masing. Berikut sebagai beberapa jenis dari buah ini yakni:

Pisang raja molo

Buah tipe raja molo ini mempunyai warna kuning kemerahan dan tidak berbiji. Pada sebuah sisir umumnya terbagi dalam 10-13 buah.

Pisang kluai hong thong

Pelepah buah tipe ini warna merah jambu pucat. Dia ini serupa dengan pisang cavendish tapi ukuran tandannya kecil.

Pisang awak

Tipe awak ini baik untuk perkembangan dan perubahan balita. Saat telah masak buah ini akan warna putih kekuningan.

Pisang lampung

Buah tipe ini hampir serupa dengan pisang mas, yang membandingkan yakni ujung dari buah tipe lampung ini yang lancip.

Pisang raja uli

Buah ini masih satu spesies dengan tipe raja, pas untuk olahan makanan karena rasanya yang manis dan wewangiannya yang wangi.

Pisang genderuwo

Diberi nama generuwo karena buah ini mempunyai warna merah cukup hitam dan buahnya besar. Nama asli dari buah tipe ini yakni potho merah.

Pisang kidang

Warna dari buah ini merah jingga dengan rasa manis dan wewangiannya yang wangi. Buah kidang ini mempunyai kulit cukup tebal dan warna daging kuning cukup putih atau crime dan mempunyai 6 sampai 8 sisir tandan.

Pisang badak

Apabila sudah masak buah ini akan warna hijau kekuningan. Kulit buahnya yang tebal dan wujud buahnya meliuk sedikit dengan ujung yang lancip.

Pisang tongkak langit

Buah tipe ini lebih banyak di dapatkan di wilayah Maluku. Yang membuat unik dari buah ini yakni karena tandannya ke arah atas membubung ke langit dan memiliki ukuran besar. Warga Maluku memercayai jika buah ini sebagai buah kehidupan atau obat yang manjur.

Pisang kapas

Pas sekali bila dibuat jadi makanan yang sedap. Ukuran dari buah kapas ini sedang dan mempunyai kulit yang cukup tebal. Semakin lebih nikmat bila buah tipe ini dibuat jadi gorengan, keripik dan lain-lain.

Pisang Uli

Tipe uli sebagai salah satunya tipe raja. Wujud dari buah ini bundar memanjang dengan ujung warna hijau dan lancip. Baca Faedah Buah PisangKulitnya warna kuning kemerahan apabila sudah masak. Daging buahnya mempunyai warna kuning kemerahan dengan rasa yang manis dan wewangian yang wangi. Panjang buah raja uli ini sekitar 15 sampai 18 cm. Dan untuk beratnya sekitar 75 sampai 100 g perbuahnya.

Tiap tandan tipe uli ini mempunyai lebih kurang 100 sampai 160 buah dan tiap tandan lebih kurang ada sekitaran 5 sampai 8 sisir.

Pisang Ambon

Tipe ambon sebagai salah satunya buah yang paling gampang kita dapatkan dipasaran. Pohon buah ini lebih banyak tumbuh di wilayah beriklim tropis.

Jadi tidaklah aneh bila kita secara mudah memperoleh atau mendapati pisang di Indonesia. Rasa dari buah ambon yang nikmat membuat buah ini disukai oleh semua kelompok dimulai dari bayi sampai orang dewasa.

Tipe ambon mempunyai beberapa ciri warna seperti secara umum yakni warna kuning saat telah masak. Bila belum masak warna hijau.

Panjang dari buah pisang ambon yang telah masak capai 25 cm. Memiliki bentuk panjang dan bundar dan ujungnya yang lonjong dan cukup lancip.

Kulit dari buah ambon ini cukup tebal dan saat telah masak rasanya akan manis. Hingga beberapa orang yang menyenanginya.

Pisang ambon lumut

Secara fisik wujud dari ambon lumut ini lempeng dengan pancang buah sekitar 15 - 17 cm dan berdiameter sekitaran 42 mm.

Antiknya meskipun telah masak tapi buah ini tetap warna hijau seperti tumbuhan lumut. Tetapi bila buah tipe ini terlampau masak maka beralih menjadi kekuningan dengan bintik coklat di sekitar buah. Disamping itu ambon lumut ini mempunyai wewangian yang wangi dan tanpa biji.

Buah ini mempunyai rasa yang manis jadi benar-benar pas untuk dibuat jadi makanan misalnya untuk membikin kue atau apa. Juga bisa sebagai sajian penutup.

Pisang ambon kuning

Pisang ambon mempunyai beberapa macam satu diantaranya yakni ambon putih. Dari beberapa macam ambon, ambon kuning ini sebagai tipe yang mempunyai ukuran lebih besar.

Wujud dari ambon kuning ini meliuk ke atas dengan kulit yang tipis. Saat telah masak daging buah akan warna kuning putih sedikit kemerahan.

Pohon ambon kuning bisa hasilkan lebih kurang sekitar 129 buah pada sebuah tandan. Bila dibanding dengan tipe ambon lainnya dari hasil pisang ambon kuning termasuk cukuplah banyak.

Harga pisang ambon

Pisang sebagai salah satunya buah sebagai komoditas pertanian yang banyak disukai oleh warga. Harga buah ini bervariasi sesuai macamnya. Umumnya di Indonesia buah ini dibuat jadi beragam jenis camilan seperti pisang goreng, keripik pisang dan lain-lain.

Harga buah ini dari beragam wilayah berbeda. Bila anda sukai ke pasar tradisionil karena itu anda akan mendapati beragam tipe buah ini disitu. Selainnya di pasar tradisionil anda dapat mendapatinya di supermarket, swalayan dan minimarket. Saat ini ada pula yang dipasarkan di online shop.

Harga buah ini akan berbeda ganti sesuai musim dan kondisi. Harga pisang ambon Rp 40.000 per sisir, pisang jera Rp 30.000 per sisir, pisang susu Rp 10.000 per sisir, pisang raja Rp 15.000 per sisir, pisang nangka Rp 8.000 per sisir, pisang mas Rp 15.000 per sisir.

Kenapa berguna untuk kesehatan?

Karena dia memiliki kandungan beragam gizi didalamnya seperti potassium, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin B6, vitamin C, magnesium, karbohidrat, zat besi, tembaga, asam folat dan kalsium.
© shelbyies. All rights reserved. Distributed by Pixabin