Langkah Menanam Bawang Putih Tunggal

Langkah Menanam Bawang Putih Tunggal

Sudah pernahkah kamu menyaksikan bawang putih yang umbinya cuman ada satu biji bawang? Yup, bawang putih tunggal namanya. Tipe bawang putih ini mempunyai nama latin Allium Sativum atau dengan bahasa Inggrisnya Solo Garlic. Biasanya warga Indonesia lebih mengenalinya dengan panggilan bawang lanang/bawang tunggal.


Berlainan dengan bawang putih secara umum yang dipakai untuk bumbu dasar pada masakan, bawang putih tunggal semakin banyak dipakai untuk sektor kesehatan. Pasti ini tidak terlepas dari nilai nutrisi dan minyak atsiri pada bawang tunggal yang kabarnya semakin banyak dari bawang putih biasa.


Manfaatnya yang bagus untuk kesehatan memanglah tidak disangsikan kembali. Apa lagi bawang tunggal sebagai tipe bawang yang gampang ditanamkan. Perawatannya cukup murah dan gampang karena tidak memerlukan ongkos yang banyak . Maka untuk kamu yang tertarik ingin menanamnya sendiri di dalam rumah, bolehlah cobanya.


Berikut kami akan infokan berkenaan langkah menanam bawang tunggal yang bagus sampai panen. Langsung, baca! secara lengkap.

Langkah Menanam Bawang Putih Tunggal Sampai Panen

Penyiapan Bibit

Langkah pertama untuk menanam bawang tunggal adalah dengan tentukan bibit yang baik dan berkualitas. Bibit berikut yang hendak mempengaruhi tingkat kesuksesan dari tanaman bawang tunggal nanti. Minimal, bibit bawang tunggal yang baik dan berkualitas mempunyai beberapa ciri seperti berikut
  • Mempunyai ukuran yang.
  • Umbi bawang sehat, keras, dan bebas dari hama atau penyakit.
  • Mempunyai kulit permukaan yang licin.
Untuk memperoleh bibit bawang putih tunggal tidak susah. Kamu dapat membeli dari toko bibit, balai pertanian, sampai ke kebunnya langsung.

Mempersiapkan Media Tanam

Langkah menanam bawang putih tunggal yang seterusnya adalah mempersiapkan tempat tanam. Tempat tanam bawang putih tunggal sebetulnya sama dengan tempat tanam bawang putih secara umum. Kamu dapat menanamnya pada tempat bilikan, atau menanam dalam pot/polybag yang dapat dilaksanakan di dalam rumah. Untuk tempat tanam memakai tempat bilikan, seharusnya lakukan beberapa langkah berikut untuk memproses tanah bilikan:
  • Yakinkan tempat yang hendak dipakai sebagai tempat yang bersih dan terlepas dari sampah beresiko.
  • Tempat mempunyai susunan tanah yang gembur.
  • Kerjakan pembajakan dan pencangkulan tempat sampai kedalamannya capai 30-40 cm.
  • Tempat yang sudah dibajak seterusnya dilaksanakan pemupukan pada tempat memakai pupuk kandang.
  • Seterusnya, bikinlah bilikan pada tempat dengan lebar 60 cm, dan tingginya 30 cm. Dan untuk panjangnya sesuaikan tempat yang ada.
  • Bikinlah lubang tanam pada bilikan dengan kedalaman 5-10 cm, yang masing-masing memiliki jarak sekitaran 20 cm.
Dan untuk memakai tempat tanam berbentuk pot/polybag, lakukan beberapa langkah berikut ini:
  • Persiapkan pot/polybag memiliki ukuran sedang (minimum berdiameter 20-35 cm).
  • Campur tanah, arang sekam, dan pupuk kandang dengan perbedaan 3:1:2 sampai rata. Kemudian, masukan kombinasi tanah barusan ke pot yang sudah dipersiapkan.
  • Bikinlah lubang tanam pada tanah dengan kedalaman 5 cm.
  • Tempat tanam pada pot/polybag siap untuk dipakai.

Penanaman Bawang Putih Tunggal

Menanam bawang putih tunggal dapat disebut benar-benar gampang. Tetapi sebelumnya, yakinkan bibitnya sudah dipersiapkan lebih dulu. Apabila sudah,langsung kita tanam. Untuk penanaman di media pot atau tempat sebetulnya sama juga. Kamu cukup masukkan bibit bawang tunggal pada lubang tanam yang sudah dibikin, selanjutnya menutupnya memakai tanah. Gampang kan?

Perawatan Bawang Tunggal

Supaya tanaman bawang tunggal tumbuh secara baik, kamu harus memerhatikan perawatannya. Perawatan yang baik pasti punya pengaruh sekali di hasil panen nanti. Berikut perawatan-perawatan yang penting dilaksanakan:

Penyiraman

Untuk penanaman di media tempat, upayakan di awal penanaman kerjakan penyiraman tiap hari. Semakin lebih gampang bila penyiraman lewat air keran yang diteruskan lewat selang, serta lebih irit bila tempat dekat sama sumber air. Jika tanaman mulai bertunas dan tumbuh daun, karena itu harus kurangi penyiraman

Untuk penanaman memakai media pot, dapat menyiram tiap hari di awal periode tanam sampai ada tunas. Sesudah tanaman ada tunas sampai masuk usia dua bulan, penyiraman dapat dikurangkan.

Pemupukan

Untuk pemberian pupuk pada tanaman bawang tunggal, dapat memakai pupuk yang mempunyai kandungan sulfur tinggi. Pupuk lain seperti KCL, NPK, ZK, dan ZA bisa juga kamu pakai. Tapi bila ingin memperoleh hasil bawang tunggal organik, karena itu cukup pakai pupuk kandang atau kompos saja.

Pemupukan dapat dilaksanakan satu minggu sekali sampai tanaman berumur 1,lima bulan. Kemudian pemupukan dapat dikurangkan.

Penyulaman dan Penjarangan

Meskipun perawatan telah baik, tidak tutup peluang ada banyak tanaman yang tidak tumbuh dengan prima. Karena itu, perlu dilaksanakan penyulaman untuk menukar tanaman yang tidak tumbuh atau mati. Lakukan proses penyulaman pada 1 minggu sesudah bibit ditanamkan.

Penjarangan sendiri sebagai pembersihan tempat tanam dari beberapa tanaman liar yang mengusik. Istilah populernya adalah penyiangan. Proses ini dilaksanakan bila tempat banyak tanaman liar yang mengusik, atau juga bisa memakai mekanisme masa. Masa pertama yakni 2-3 minggu saat tanam, dan masa ke-2 4-5 minggu saat tanam.

Pemanenan Bawang Putih Tunggal

Bawang putih tunggal siap dipanen saat masuk umur 90-120 hari sesudah tanam. Beberapa ciri bawang yang siap dipanen adalah memilii batang daun yang keras, dan mempunyai daun yang mulai menguning. Berikut langkah memetik bawang tunggal supaya umbi terangkut dengan prima:
  • Cabut tanaman bawang tunggal dari media tanamnya sampai terangkut. Bila tanah terlampau keras, kamu dapat membasahinya lebih dulu memakai air.
  • Alternative selainnya mengambil dengan tehnik pencungkilan. Tehnik ini bermanfaat bila tanah terlampau keras tapi tidak ada suplai air untuk membasahinya. Akhirnya, umbi bawang tetap utuh dan tidak hancur.
  • Hasil panen bawang tunggal seharusnya ditempatkan di bawah cahaya matahari yang tidak begitu terik supaya kulit susunan paling luar pecah, hingga semakin lebih gampang untuk dikupas.
  • Kemudian, membersihkan kotoran atau tersisa tanah yang melekat pada bawang memakai sikat.
  • Bawang putih tunggal siap buat disimpan atau dimakan.
Gampang bukan, langkah menanam bawang tunggal ini? Coba untuk menanamnya sendiri di dalam rumah, lalu cicipi hasil panennya. Karena itu di sanalah kamu akan rasakan ketidaksamaan di antara hasil beli ke pasar dengan hasil menanam sendiri. Mudah-mudahan info ini berguna.
© shelbyies. All rights reserved. Distributed by Pixabin