Langkah Menanam Bawang Merah dalam Pot

Langkah menanam bawang merah di pot sebagai alternative menanam memakai media pot yang tentu saja lebih irit ongkos, irit tempat, dan memberikan keuntungan. Banyak orang atau petani menanam bawang merah pada tempat yang luas untuk menyuplai keperluan pasar. Tetapi, apa yang terjadi bila harga bawang merah tidak konstan dan makin membumbung? Tanamlah sendiri di dalam rumah, karena kamu akan memiliki stock cadangan bila setiap saat harga bawang naik


Nama latin dari bawang merah adalah Allium cepa L. var. aggregatum, yang disebut varietas bawang dari spesies allium cepa. Awalannya tanaman ini datang dari Iran, Pakistan, sampai pegunungan pada samping utaranya, dan menebar ke seluruh dunia. Karenanya, bawang merah dikenali sebagai bumbu masak khusus di seluruh dunia.

Keuntungan Menanam Pada Pot

Langkah Menanam Bawang Merah dalam Pot

Sama seperti yang sudah disebut sebelumnya jika menanam bawang merah memakai pot lebih gampang dibandingkan menanam pada tempat. Berikut keterangan selanjutnya tentang keuntungan menanam di media pot di dalam rumah.

Mengirit Tempat

Tempat yang terbatas tidak berarti kamu tidak dapat berkebun. Kamu dapat berkebun memakai media pot atau polybag hingga tak perlu tempat yang luas. Dengan memakai media ini, kamu dapat menempatkan tanaman sesuai kemauan asal memperoleh cahaya matahari.

Gampang Diperbudidayakan Oleh Semua Orang

Banyak orang berpikiran jika aktivitas bertani itu dilaksanakan oleh petani saja. Berlainan dengan menanam bawang merah pada pot ini. Semuanya orang dapat melakukan karena membudidayakan bawang merah bukan kasus yang susah. Perawatan yang gampang dan biaya murah jadi parameter tanaman ini gampang diperbudidayakan.

Gampang Diawasi dan Dirawat

Pengawasan dan perawatan lebih gampang bila kamu menanam memakai pot atau polybag di dalam rumah. Karena kamu tak perlu pergi pagi-pagi ke sawah atau kebun untuk mengawasi tanaman. Dengan memakai media ini, cukup di dalam rumah saja kamu dapat mengawasi dan menjaga tanaman dengan teratur.

Langkah Menanam Bawang Merah di Pot atau Polybag

Langkah Menanam Bawang Merah dalam Pot

Saat sebelum mengawali menanam, ada banyak tingkatan yang penting jadi perhatian. Langsung, baca! keterangan berikut sampai usai supaya tidak ada yang terlewatkan.

Mempersiapkan Alat dan Bahan

Sangat penting untuk mempersiapkan alat dan bahan saat sebelum menanam. Pastikanlah kamu sudah mempersiapkan alat dan bahan seperti berikut:
  • Tempat tanam berbentuk tanah yang kaya elemen hara
  • Pupuk kandang dan arang sekam
  • Pot atau polybag untuk tempat tempat tanam
  • Bibit bawang merah berkualitas
  • Air seperlunya untuk menyirami tanaman
  • Sekop tanaman

Mempersiapkan Media Tanam

Campur tanah, pupuk organik, dan arang sekam seperlunya dengan perbedaan 1:1:1 lalu aduk sampai tercampur rata. Untuk mengaduknya, kamu dapat memakai sekop tanaman hingga semakin lebih gampang. Selanjutnya masukan kombinasi tanah itu ke pot atau polybag yang sudah dipersiapkan. Siram tanah dengan sedikit air dan aduk kembali sampai struktur tanah rata.

Mempersiapkan Bibit Bawang Merah

Supaya dari hasil tanaman optimal, kamu harus memakai bibit yang berkualitas. Pemakaian bibit yang berkualitas umumnya perkembangan kurang maksimal, gampang terkena penyakit, dan gampang mati. Maka dari itu, berikut kami berikan beberapa ciri bibit berkualitas yang penting kamu kenali saat sebelum tentukan bibit:
  • Mempunyai fisik yang sehat, fresh, berkilau, dan kulit pada umbi tidak kusut
  • Terlepas dari beragam penyakit
  • Umbi mempunyai ukuran sedang dan teksturnya padat berisi
Catatan: Untuk percepat perkembangan tunas, lakukan pemangkasan di bagian ujung umbi bawang. Potong sedikit saja sesuaikan ukuran umbi itu.

Proses Penanaman

Jika tempat tanam dan bibit sudah siap, seterusnya tinggal menanam bibit bawang merah pada pot atau polybag. Karena itu, ikuti langkah menanam bawang merah berikut:
  • Bikinlah lubang tanam dengan kedalaman 3-6 cm sesuaikan kecil besarnya bibit
  • Tanam umbi bawang yang sudah dipersiapkan ke lubang tanam dan yakinkan tidak boleh kebalik, status ujung yang sudah dipotong mengarah ke atas
  • Seterusnya timbun memakai sedikit tanah dan janganlah sampai bibit tertimbun penuh
  • Siramlah seperlunya memakai air bersih
Catatan: Bila kamu memakai pot atau polybag ukuran besar, kamu dapat menanam lebih satu bibit dengan masing-masing bibit dikasih jarak sekitaran 8-10 cm.

Penyiraman

Saat umur bawang merah terhitung mulai sejak dari tanam sampai 1 bulan lebih, penyiraman dapat dilaksanakan 2x satu hari sore dan pagi seperlunya. Upayakan tidak boleh menyirami terlalu berlebih, karena kebanyakan air akan membuat akar gampang busuk. Sesudah umbi masuk umur dua bulan, intensif penyiraman dapat kamu turunkan jadi 1x satu hari baik waktu sore atau pagi.

Pemupukan

Pemupukan umbi tanaman bawang dapat dilaksanakan sesudah masuk umur 3-4 minggu memakai pupuk organik atau non organik. Pupuk organik dapat berbentuk pupuk kompos atau pupuk kandang. Langkah pemupukannya lumayan gampang, tinggal taburi pupuk pada sekitaran bibit sekitar segenggam tangan.

Dan pupuk non organik dapat menggunakan pupuk ZA. Triknya sama, cukup taburi pupuk pada sekitaran bibit dengan ukuran sekitar 5 gr/pot. Pemupukan memakai pupuk ZA ini dapat kamu ulangi tiap tiga minggu sekali.

Penyiangan Rumput dan Gulma

Rumput liar atau gulma kerap kali mengusik proses perkembangan tanaman. Umumnya bila bertani pada tempat yang luas tentu tumbuh yang bernama rumput liar dan gulma. Meskipun ini kali menanam di pot, sudah pasti masih tetap ada peluang tanaman pengganggu itu tumbuh disekitaran pot. Oleh karenanya, kamu harus bersihkan gulma atau rumput yang dapat mengusik perkembangan umbi bawang.

Pengaturan Hama

Selainnya gulma dan rumput liar yang mengusik perkembangan tanaman, hama jadi momok menakutkan untuk tanaman. Karena ada hama dapat menyebabkan tanaman mati sampai tidak berhasil memperoleh hasil panennya. Maka dari itu, kamu harus selekasnya melakukan tindakan bila tanamanmu diserang hama.

Berikut sejumlah hama yang kerap serang tanaman bawang dan langkah menanganinya:

Ulat Tanah

Ulat tanah termasuk cukuplah menyusahkan sebab bisa membuat tanaman jadi layu dan mati. Hama ini serang dengan menggunting sisi leher tanaman dan masukkan potongan tanaman itu ke tanah. Umumnya tanaman yang diserang ulat ini sebagai tanaman yang berumur 2 -3 minggu.

Untuk menanganinya, kamu dapat memakai insektisida taburi yang mengandung karbofuran seperti Regent dan Furadan. Taburi sesuai jumlah yang tercantum dan tidak boleh berlebihan.

Ulat Daun

Pertanda bila tanaman diserang ulat daun adalah ada bintik putih terbuka pada daun. Tidak mengenal dengan daun yang muda atau tua, semua akan terserang oleh hama yang ini.

Untuk menangani dan menghindarinya, dapat dengan atur jarak tanam dan membakar telur ulat daun. Kamu bisa juga menanganinya dengan menyemprot insektisida dengan bahan flufenoxuron dan chlorfenapyr.

Lalat Penggorok Daun

Lalat penggorok daun yang umum serang tanaman adalah lalat betina dengan menusukkan telur pada daun. Umumnya tanaman yang diserang hama ini akan mempunyai bintik putih kecil pada daun. Dampaknya beresiko, karena bintik putih itu dapat membuat daun jadi kering dan warna cokelat.

Untuk menangani hama yang ini dapat memakai insektisida dengan bahan imidakloprid sesuai jumlah yang tercantum. Dan untuk memberantas larvanya, dapat memakai insektisida dengan bahan abamectin seperti Agrimec atau Demolish sesuai jumlah yang tercantum.

Pemanenan

Pemanenan bawang merah dapat dilaksanakan sesudah tanaman masuk umur tiga bulan. Adapun beberapa ciri tanaman bawang merah yang siap untuk dipanen adalah:
  • Yakinkan tanaman bawang cukup tua untuk dipanen, dapat disaksikan dari daun yang menguning dan tangkai yang lemas
  • Beberapa umbi ada pada permukaan tanah, dan umbi mempunyai struktur yang padat berisi
  • Umbi mempunyai warna merah mengkilat
Catatan: Untuk pemanenan cukup mengambil tanaman sampai umbi terangkut secara berhati-hati. Supaya umbi bawang tahan lama dan tidak membusuk sepanjang penyimpanan, kamu dapat menjemurnya sepanjang 1 sampai dua minggu.

Gampang bukan langkah menanam bawang merah di atas? Dengan memakai media pot atau polybag perawatan semakin lebih gampang karena gampang diawasi tiap hari. Nantikan apa lagi, mari menanam!
© shelbyies. All rights reserved. Distributed by Pixabin