15 Sayur Lokal Penuh Nutrisi untuk Meriahkan Menu Sehari-Hari

15 Sayur Lokal Penuh Nutrisi untuk Meriahkan Menu Sehari-Hari

shelbyies.com - Kelihatannya terakhir kita lebih terpikat dengan kale, chia seed, atau alfalfa yang disebut sebagai superfood. Walau sebenarnya di negara kita ada beberapa sayur yang tidak kalah atas sisi rasa atau nilai nutrisi. Disamping itu harga lebih dapat dijangkau karena gampang didapat.


Dengan sedikit kreasi, sayur lokal bahkan juga menjadi bahan alternatif makanan bule yang kamu gemari. Misalkan salad, lasagna sayur, atau roasted veggies. Berikut beberapa salah satunya yang dapat kamu peroleh di sekelilingmu.

Daun Kenikir

Sayur bau wangi ini umumnya diolah jadi pecel atau urap. Dapat menangani berbau tubuh yang tidak lezat bila dimakan dengan teratur.

Daun Beluntas

Sama dengan daun kenikir, beluntas bisa juga menangani berbau tubuh, memperlancar pencernaan, dan meluruhkan keringat. Disamping itu memiliki kandungan minyak atsiri yang bisa menghalangi perkembangan bakteri pada tubuh.

Lompong (Tangkai Talas)

Pernah melahap lompong? Lompong ialah tangkai muda daun talas atau keladi. Rasanya halus dan nikmat bila dibuat jadi sayur atau tumisan. Tapi berhati-hati memprosesnya, karena getah lompon bisa juga mengakibatkan rasa pedih dalam mulut.

Leunca

Sayur yang umum dikonsumsi mentah sebagai lahapan atau ditumis ini mempunyai cita-rasa yang cukup pahit. Tetapi dibalik pahitnya terselinap manfaat anti kanker dan hipertensi.

Cuciwis (Kubis Mini)

Sayur yang memiliki bentuk seperti kubis mini ini mempunyai struktur yang serupa dengan brussel sprout. Disamping itu kaya anti-oksidan dan dapat sehatkan aliran cerna.

Daun singkong

Terakhir daun singkong tidak hanya dapat diolah jadi gulai atau lodeh. Telah ada kreativitas olahan inovatif bakwan dan dendeng vegetarian dari daun singkong.

Lembayung (Daun Kacang Panjang)

Daun kacang panjang ini sebagai sumber zat besi, vitamin A, dan kalsium.

Daun Ginseng Jawa

Daun ginseng Jawa yang gurih ini kaya vitamin C dan bagus untuk kesehatan liver.

Jantung pisang

Jantung pisang atau ontong dengan bahasa Jawa dapat dibuat jadi beragam jenis makanan. Tidak hanya pepes, lodeh, dan oseng. Juga bisa dibuat jadi banana blossom salad ala-ala Thailand.

Daun Kelor

Kelor atau di luar negeri lebih dikenali bernama moringa direferensikan sebagai makanan menambah nutrisi di beberapa negara miskin oleh FAO karena memiliki kandungan banyak gizi yang perlu untuk badan. Kelor kaya vitamin A, vitamin C, dan collagen, bagus untuk kecantikan.

Daun pepaya

Daun yang rasanya pahit ini mempunyai beragam manfaat, diantaranya tingkatkan trombosit, tingkatkan ketahanan tubuh, dan menahan kanker.

Pare

Pare atau bitter gourd yang umum dijumpai dalam sepiring somay Bandung ini dapat membersihan badan dari toksin dan menyembuhkan diabetes.

Kecipir

Kecipir sebagai sumber vitamin C dan folat yang perlu untuk badan dan perkembangan janin pada ibu hamil. Teksturnya gurih sesudah diolah.

Bunga turi

Bunga turi putih umumnya jadi kombinasi rujak petis atau pecel. Dapat menyembuhkan sariawan, radang kerongkongan, dan disentri.

Semanggi

Sayur liar yang umum tumbuh di dekat perairan ini biasanya dibuat jadi sajian ciri khas Surabaya, yakni pecel semanggi. Diproses dengan bumbu kacang, kecambah, lontong, dan krupuk karak.

Itu beberapa sayur lokal dengan rasa dan manfaat yang tidak kalah dari sayur import.
© shelbyies. All rights reserved. Distributed by Pixabin