25 Jenis Rempah dan Faedahnya untuk Kesehatan

25 Jenis Rempah dan Faedahnya untuk Kesehatan

Indonesia dikenali dengan kekayaan rempah yang banyak. Tidaklah aneh, masakan nusantara kaya cita-rasa karena memakai bumbu dan rempah yang bermacam.

Tetapi, rempah tidak cuman bisa dipakai sebagai bumbu mengolah. Rempah simpan banyak manfaat untuk kesehatan.


Berikut daftar beragam jenis rempah yang berguna untuk kesehatan badan manusia:

Kunyit 

Kunyit (Curcuma domestica) sebagai tipe tanaman yang sudah dipakai lama di Indonesia. Beberapa ribu tahun kemarin warga sudah memakai kunyit sebagai bahan mengolah.

Kunyit mempunyai peranan sebagai bahan warna alami, yakni warna kuning. Sebagai salah satunya bahan untuk membikin jamu, mafaat kunyit mempunyai manfaat antibakteri, antijamur, dan antivirus. Kunyit mempunyai kandungan senyawa kimia curcumin yang mempunyai manfaat untuk menurunkan inflamasi, seperti lebam dan ngilu.


Pemrosesan kunyit yang terpopuler ialah jamu kunyit asam. Ramuan kunyit asam terdiri dari kunyit, asam, dan gula jawa. Warga konsumsi kunyit asam di kehidupan setiap hari walau sedang tidak sakit.

Jamu ini dipercayai mempunyai manfaat untuk mempertahankan kesehatan lambung. Jamu kunyit asam biasa dimakan oleh wanita saat periode menstruasi. Kandungan curcumin menolong menurunkan ngilu.

Kunyit mempunyai faedah memperlancar pencernaan, khususnya di usus besar, hingga pencernaan tetap sehat.

Pala 

Pala (Myristica fragrans) sebagai tanaman yang berguna untuk menambahkan cita-rasa. Buah pala umumnya dibuat jadi manisan, sementara bijinya dipakai sebagai bumbu dalam masakan.

Selainnya lezat sebagai bumbu masakan, rempah-rempah ini memiliki kandungan minyak atsiri sebagai elemen kombinasi untuk minyak wangi dan sabun.


Untuk kesehatan, biji pala dapat menolong menurunkan masuk angin, masalah percernaan, dan sakit di perut. Biji pala dapat dipakai untuk menolong hentikan diare.

Ada senyawa namanya myristicin dalam biji pala yang bisa menolong membenahi ingatan dengan menggairahkan saraf dalam otak. Disamping itu, senyawa yang terdapat di dalam biji pala bisa menolong membenahi kekuatan fokus.

Biji pala mempunyai manfaat untuk mempertahankan kesehatan mulut dan gigi. Karakter antibakteri yang dipunyai biji pala bisa menolong untuk mematikan bakteri beresiko dalam mulut, hingga menahan kerusakan pada gigi dan menahan dan menangani berbau mulut. Ramuan yang bisa dipakai untuk mempertahankan kesehatan mulut dan gigi ialah parutan biji pala yang digabung dengan minyak oregano.


Di Maluku, persisnya Pulau Banda sebagai tempat asalnya buah Pala.

Kayu manis mempunyai wewangian yang unik. Rempah ini benar-benar populer di dunia kulineran, dimulai dari dipakai untuk bumbu masakan, kue, sampai minuman hangat.

Kayu manis

Kayu manis (Cinnamomum zeylanicum) mempunyai peranan untuk menambahkan cita-rasa dan kesegaran pada minuman. Kayu manis dapat menolong mengobati beragam penyakit kulit dan infeksi.

Wewangian harum pada kayu manis bisa hilangkan berbau tubuh dan mengusung sel-sel kulit mati dan menggairahkan perkembangan sel-sel kulit baru. Dampak dari wewangian kayu manis bisa menentramkan dan menurunkan rasa capek.

Faedah lainnya dari kayu manis sebagai antijamur, antiradang, dan antiseptik. Kayu manis bisa menurunkan diare, pilek dan flu, sakit di perut, hipertensi, kehilangan selera makan, dan bronkitis.

Wijen 

Wijen umumnya diproses untuk salah satunya bagian utama minyak nabati dengan mengekstrak bijinya. Wijen jadi bahan penting untuk menghiasi onde-onde dan makanan yang lain agar kelihatan elok dan berasa renyah.

Siapakah yang tidak mengenal cengkih atau cengkeh? Tanaman ini benar-benar dicari oleh bangsa eropa saat menjajah Indonesia dulu karena banyak memiliki faedah, satu diantaranya sebagai disinfektan, analgesik, sampai anestetik untuk gigi berlubang, dan sudah pasti sebagai bumbu masakan yang demikian sedap.

Rempah bernama latin Syzgium wewangiantica ini mempunyai manfaat untuk menolong hentikan diare, menurunkan sakit di perut, dan rasa mual. Ada ramuan yang banyak memiliki faedah, yakni kombinasi di antara cengkeh dan air lemon.

Cengkeh 

Cengkeh mempunyai karakter sebagai anti-oksidan, antiseptik, bius lokal, dan antiinflamasi. Cengkeh memiliki kandungan minyak fundamental seperti eugenol yang mempunyai karakter anestesi dan antiseptik. Kombinasi di antara air jeruk lemon dan cengkeh mempunyai manfaat untuk mengobati sakit gigi, kurangi ngilu otot dan reumatik.

Disamping itu, kombinasi itu dapat regenerasi badan saat alami kecapekan. Bila konsumsi cengkih atau kombinasi cengkeh dan air lemon, ramuan itu bisa menolong untuk tingkatkan kesehatan badan.

Jahe 

Jahe benar-benar wangi saat di cium. Bukan hanya populer sebagai bumbu dapur, jahe dikenal juga secara baik sebagai tanaman herbal. Anda dapat membakarnya lalu dikeprek dan digabungkan ke satu gelas air hangat. Diminum saat hujan turun ataupun waktu masuk angin akan membuat badan berasa hangat.

Jahe (Zingiber officinale) sebagai bagian keluarga Zingerberaceae yang terpopuler. Lama jahe sudah dipakai untuk menghangatkan badan. Warga Indonesia memakai jahe untuk tingkatkan selera makan, menahan mual, dan menolong memudahkan reumatisme.

Jahe yang ditumbuk dapat dipakai untuk memudahkan rasa gatal dan menyembuhkan cedera. Kombinasi jahe dengan garam bisa dipakai untuk penangkal toksin dari gigitan ular.

Faedah jahe untuk menghangatkan badan, salah satunya dibikin minuman, misalkan wedang jahe. Wedang dengan bahasa Jawa memiliki arti ‘minuman'. Konsumsi wedang jahe selainnya untuk menghangatkan badan, dapat berguna untuk menurunkan masuk angin.

Sekarang ini wedang jahe atau dengan bahasa Inggris disebutkan ginger tea jadi terkenal untuk menahan rasa mual. Jahe masuk ke buku penyembuhan herbal di negara Barat sebagai ramuan untuk menahan morning sickness atau rasa mual yang dirasakan wanita pada triwulan awalnya kehamilan.

Biji adas

Biji adas atau fennel (Foeniculum vulgare) sebagai tanaman yang mempunyai manfaat untuk atur tekanan darah. Biji adas bisa tingkatkan kandungan produksi nitrit di air liur hingga bisa menolong jaga tingkat tekanan darah masih tetap konstan.

Disamping itu, biji adas kaya sumber potasium yang bermanfaat untuk jaga kesetimbangan kandungan air pada tubuh. Jika biji adas dimakan sesudah makan, itu bermanfaat menahan masalah pencernaan dan bermacam permasalahan perut. Kandungan serat, asam amino, dan histidin yang dipunyainya dapat menolong menyembuhkan diare, sembelit, ambeien, dan lain-lain.

Kapulaga 

Kapulaga jadi rempah-rempah mahal menemani saffron dan vanili. Di Indonesia mempunyai harga sekitaran Rp 45.000 per kg dan bisa menjadi sepuluh kali lipat bila penuhi kualitas export.

Tidaklah aneh, kapulaga memang banyak memiliki faedah hingga banyak dicari. Karena, bukan hanya untuk penyedap rasa, kapulaga memberi manfaat untuk kesehatan.

Kapulaga memiliki kandungan banyak mineral, seperti zinc, magnesium, dan lain-lain yang bagus untuk kesehatan badan. Salah satunya faedah kapulaga ialah menahan dan menangani penyakit infeksi. Karena ada zat dalam kapulaga yang berperanan sebagai antimikroba, yang bisa menantang bakteri tertentu dan jamur.

Kemukus

Kemukus banyak diketemukan di Pulau Jawa dan Sumatra. Di dunia, kemukus dikenali sebagai Java Pepper. Kemukus banyak terkandung minyak atsiri, hingga digunakan sebagai elemen khusus sabun, kosmetik, minyak wangi, sampai beberapa obat.

Kayu secang

Kayu secang dapat Anda dapatkan dalam salah satunya elemen wedang uwuh, minuman ciri khas dari Jogja. Baunya wangi dan mempunyai kandungan anti-oksidan yang tinggi hingga dapat mencegah radikal bebas. Kayu secang dapat menjadi obat diare loh.

Minyak kemiri

Minyak kemiri di-claim dapat melebatkan rambut. Dulu, beberapa orang tua akan membakar kemiri lalu diseka-usapkan ke alis agar alis anaknya jadi tebal. Saat ini, banyak industri farmasi yang memproses kemiri jadi minyak untuk melebatkan rambut loh.

Serai 

Serai sebagai tanaman rerumputan yang mempunyai faedah yang bermacam. Tanaman ini tak pernah mangkir dari dapur sebab bisa dipakai sebagai bumbu untuk beragam tipe masakan. Serai bahkan juga dapat untuk menyingkirkan nyamuk, sama dengan lavender.

Kencur 

Rempah-rempah ini selalu mempunyai tempat khusus di dapur, menemani kunyit sampai jahe karena banyak memiliki faedah. Umumnya, bila dipakai untuk racikan jamu, kencur akan bekerja bersama dengan beras yang ditumbuk lembut hingga diberi nama beras kencur.

Manfaat untuk kesehatan banyak. Kencur dapat menambahkan selera makan, menyembuhkan infeksi pencernaan, sampai memberi kesan ketenangan pada tubuh.

Disamping itu, kencur berguna untuk menurunkan demam, encok, sakit di perut, dan lebam. Ramuan yang terdiri dari kencur, serai, dan garam bisa dipakai untuk menyembuhkan lebam. Kencur dipakai warga Indonesia untuk menurunkan batuk.

Ramuan kencur, beras, gula, garam, dan buah asam sebagai salah satunya jamu yang terkenal seperti kunyit asam. Jamu ini biasa disebutkan beras kencur. Selainnya untuk menurunkan batuk, jamu beras kencur mempunyai peranan untuk menambahkan selera makan hingga jamu ini kerap dimakan oleh anak-anak.

Sekarang ini beberapa ilmuwan sedang mempelajari faedah kencur sebagai insektisida untuk memberantas nyamuk Aedes aegypti yang menyebarkan penyakit demam berdarah dengue (DBD). Penyakit ini menjadi satu diantara penyakit yang mematikan di Indonesia karena banyak pasiennya yang pada akhirnya wafat.

Daun ketumbar

Daun ketumbar atau cilantro mempunyai wewangian wangi yang unik dan jadikan satu masakan jadi lebih fresh. Umumnya dipakai untuk bumbu masakan berkuah, seperti sop dan bakso. Cukup dicacah lalu tabur ke masakan saat akan dihidangkan.

Biji Ketumbar 

Ketumbar (Coriandrum sativum) sebagai tanaman yang mempunyai wewangian menentramkan. Faedah ketumbar yang populer untuk menangani permasalahan pencernaan, terhitung sakit di perut, mual, diare, kejang usus, dan perut kembung. Herbal ini berguna untuk menurunkan tanda-tanda campak, wasir, sakit gigi, cacingan, ngilu persendian, dan infeksi yang disebabkan karena bakteri dan jamur.

Beberapa wanita menyusui memakai tanaman herbal ini untuk tingkatkan produksi air susu ibu (ASI). Ketumbar kaya zat besi yang bisa menolong menambahkan dan memperlancar peredaran darah pada tubuh.

Kluwek

Bila Anda makan rawon atau sop konro, di sanalah kluwek dipakai. Rempah-rempah ini sanggup mewarnai hitam pada masakan.

Satu persyaratan dalam konsumsi kluwek: dipendam dalam waktu yang lama lalu direbus. Ini karena kluwek memiliki kandungan asam sianida yang beracun dan membuat mabok bila dimakan berbentuk mentah.

Lengkuas 

Lengkuas sebagai salah satunya tanaman yang sudah dipakai di dunia penyembuhan semenjak sekitaran era keenam. Tanaman ini masuk ke Indonesia pertama kalinya di wilayah Palembang, Sumatera Selatan.

Lengkuas diproses berbentuk jamu yang disebutkan harus laos. Jamu ini mempunyai peranan untuk permasalahan lambung, masuk angin, dan untuk tingkatkan selera makan. Ramuan harus laos terdiri dari bawang putih, mengkudu, merica putih, buah asam, gula pasir, gula jawa, dan garam.

Disamping itu, ada ramuan yang terdiri dari lengkuas, daun lengkuas, dan merica putih. Faedah dari ramuan ini baik dipakai untuk orang yang mempunyai permasalahan kulit seperti herpes.

Bunga lawang

Bunga lawang disebutkan sebagai star anise karena memiliki bentuk yang serupa bintang. Wewangiannya demikian unik dan memberi rasa lezat dalam masakan. Umumnya, bunga lawang dipakai sebagai elemen tambahan untuk menyeduh teh.

Bunga lawang nyaris tidak memiliki kandungan makronutrien (karbohidrat, lemak, protein) atau mikronutrien (mineral dan vitamin). Walau demikian, rempah ini memiliki kandungan banyak senyawa bioaktif yang berguna untuk badan, seperti tanin, anetol, linalool, limonene, flavonoid, seperti quercetin, kaempferol, dan antosianin, asam shikimat (shikimic acid) dan asam galat.

Senyawa-senyawa ini telah banyak bisa dibuktikan mempunyai faedah untuk kesehatan. Menyaksikan jumlahnya senyawa bioaktif yang terdapat dalam bunga lawang, tidaklah aneh jika rempah ini bisa memberi bermacam faedah untuk kesehatan.

Merica 

Merica atau lada mempunyai manfaat khusus untuk menghangatkan. Disamping itu bisa membunuh parasit dan menolong buang gas pada tubuh. Ada dua tipe merica, yakni merica putih dan merica hitam.

Manfaat dari merica putih ialah menolong membuat lancar keluarnya urine. Merica putih dapat menangani masalah penyakit kulit, seperti kusta dan eksem. Dalam pada itu, merica hitam mempunyai peranan untuk keluarkan dahak, membuat lancar peredaran darah, dan tangani reumatisme atau encok.

Merica mempunyai faedah untuk otak. Konsumsi merica hitam bisa menolong untuk turunkan resiko penyakit Alzheimer (penyakit yang diikuti oleh pengurangan ingatan, kekuatan berpikiran dan bicara, dan peralihan sikap yang disebabkan karena masalah dalam otak).

Vanili 

Vanili dikenali sebagai salah satunya rempah terkenal, karena wewangiannya yang manis dan sering digabungkan ke beragam sajian.

Semenjak beberapa ratus tahun lalu, tanaman vanili sering jadi menambah rasa untuk minuman dan makanan. Di pasar, ada tipe konsentrat vanili yang diproses secara sintetis dan ada juga yang betul-betul alami. Umumnya, harga konsentrat vanili yang alami lebih mahal dibanding sama yang sintetis.

Vanili terhitung tanaman yang diperbudidayakan dengan nilai jual yang demikian mahal karena per kilogramnya, vanili dibanderol pada harga Rp 650.000. Ditambah, bila kwalitasnya sangatlah baik dan penuhi kualitas export akan capai juta-an.

Di bagian kesehatan, vanili banyak memiliki manfaat. Rempah yang ini memiliki sifat antibakteri, memiliki kandungan anti-oksidan dan antidepresan. Study lain tahun 1994 menyebutkan jika wewangian seperti vanili bisa turunkan kandungan kekhawatiran pada pasien yang jalani proses MRI untuk pengecekan kanker. Itu penyebabnya wewangian vanili terhitung salah satunya tipe minyak wangi yang terkenal dan dicintai beberapa orang.

Andaliman 

Andaliman mempunyai panggilan sebagai "merica batak" karena sering kali ditemui sebagai bumbu di beberapa masakan ciri khas batak, seperti arsik dan saksang. Antiknya, saat Anda tidak menyengaja menggigit rempah-rempah ini, lidah akan tiba-tiba berasa kelu karena andaliman memiliki kandungan hydroxy-alpha-sanshool.

Kari, soto, lodeh, dan banyak masakan yang lain yang memakai daun salam sebagai bumbu. Tak perlu diulek atau dihancurkan dengan yang lain. Cukup menyobek daun, rempah-rempah ini telah menyerbakkan wewangian dan cita-rasa yang begitu nikmat.

Sama dengan namanya, rempah yang ini berasa asam. Asam jawa umumnya dipakai untuk bumbu di sayur asam sampai kuah pempek. Disamping itu, asam jawa dibuat jadi minuman tradisionil seperti jamu.

Jinten berupa lonjong, kecil, dan gepeng. Umumnya, rempah-rempah ini dipakai untuk menambahkan rasa dan wewangian makanan berkuah, seperti kari dan gulai. Tidak itu saja, jinten juga bermanfaat untuk pencernaan. Bahkan juga, untuk ibu-ibu yang menyusui, jinten dapat berguna untuk membuat lancar ASI.

Peroleh info terbaru dan paling dipercaya sekitar ekonomi, usaha, data, politik, dan sebagainya, langsung melalui e-mail Anda.
© shelbyies. All rights reserved. Distributed by Pixabin